Definisi dari animasi
Definisi animasi sendiri berasal dari kata 'to animate' yang berarti menggerakkan,menghidupkan. Misalkan sebuah benda yang mati, lalu digerakkan melalui perubahan sedikit demi sedikit dan teratur sehingga memberikan kesan hidup.animasi adalah proses penciptaan efek gerak atau efek perubahan bentuk yang terjadi selama beberapa waktu. Animasi juga merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilustrasi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Definisi tersebut mengartikan bahwa benda-benda mati dapat ‘dihidupkan’. Pengertian tersebut hanyalah merupakan istilah yang memiripkan, dalam arti tidak harus diterjemahkan secara denotatif, melainkan simbol yang menyatakan unsur kedekatan. Animasi dipandang sebagai suatu hasil proses dimana obyek-obyek yang digambarkan atau divisualisasikan tampak hidup. Kehidupan tersebut dapat dinyatakan dari suatu proses pergerakan.Meskipun demikian animasi tidak secara eksplisit dinyatakan pada obyek-obyek mati yang kemudian digerakkan. Benda-benda mati, gambaran-gambaran, deformasi bentuk yang digerakkan memang dapat dikatakan sebagai suatu bentuk animasi, akan tetapi esensi dari animasi tidak sebatas pada unsur menggerakkan itu sendiri, jika kehidupan memang diidentikkan dengan pergerakan, maka kehidupan itu sendiri juga mempunyai karakter kehidupan. Dengan demikian animasi tidak semata-mata hanyalah menggerakkan, tetapi juga memberikan suatu karakter pada obyek-obyek yang akan dianimasikan. Esensi inilah yang kemudian dikembangkan oleh beberapa animator-animator sehingga obyek animasinya tidak bersifat perubahan gerak, tetapi lebih daripada itu, mood, emosi, watak tak jarang dimasukkan sebagai suatu pengembangan karakterisasi. jadi Animasi dapat kita simpulkan secara sederhana ialah "menghidupkan benda diam diproyeksikan menjadi bergerak" yang di maksud di proyeksikan ialah dengan menggunakan tool proyeksi atau software aplikasi.Diera teknologi saat ini banyak sekali sofwer sofwer computer yang mensuport pembuatan animasi seperti : Diretor, Adobe Imag redy, Flash, Autodesk 3d studio max, ulead Cool 3D studio,Autodesk Maya dan lain-lain.Animasi tidak hanya untuk film kartun saja, dapat juga kita gunakan untuk media media pendidikan, inpormasi, dan media pengetahuan lainnya yang tidak dapat dijangkau dengan live atau real time melalui sekian banyak film animasi tiga dimensi yang beredar hampir semuanya adalah buatan luar negeri, bahkan film-film menarik. Namun demikian perkembangannya di Indonesia berjalan lambat sekali. Dari sebagian besar masyarakat tidak mengetahui adanya karya lokal.Sebenarnya Indonesia juga kamera foto atau video, contoh misalnya membuat film proses terjadinya tsunami,atau proses terjadinya gerhana matahari, ini akan sulit ditempuh dengan pengambilan gambar langsung melalui Pada dasar animasi yang harus ketahui adalah unsure unsure gaya tarik, gaya dorong maupun gravitasi bumi, dan kelenturan gerakan, ini sangat penting disaat kita membuat inbeetwin ( rangkaian gambar ).
Sebelum kita membuat inbeetwin diatas kertas terlebih dahulu kita buat guideline gerakan yang diinginkan lalu menentukan titik titik rangkaian gambar yang akan kita buat Kita dapat menghitung gambar gambar yang akan dibuat dengan rasio film/ video, pada rasio video system PAL yaitu : 25 freme/detik sitem NTSC yaitu : 30 freme/ detik. Kita tidak perlu membuat gambar setiap freme cukup 1 gambar untuk 2 freme berarti membuat gerakan 1 detik hanya diperlukan 12 gambar ini guna untuk mengefektifkan gambar yang kita buat, karena mata kita hanya mampu melihat pergantian gambar 6 freme/detik selebih dari itu yang terlihat hanyalah suatu gerakan.Untuk menentukan titik titik pada guideline yang kita akan gambar tidak sama jaraknya karena kita harus mengkaitkan unsure gaya tarik gaya dorong dan gravitasi serta kelenturan gerakan lihat contoh sederhana kameraUntuk membuat film/ video animasi tidak cukup hanya mengandalkan sofwer yang ada, melainkan kita harus dapat menguasai dasar dasar animasi terlebih dahulu agar hasil animasi kita mencapai sempurna.Pada ummnya Banyak dikalangan remaja remaja kita yang berminat membuat video animasi kartun khususnya remaja SMK Multimedia yang hanya mengadalkan sofwer computer saja tidak mendapatkan pengetahuan dasar animasi padahal basic mengambarnya sudah memadai. Animasi bukan teknologi yang baru lagi dan telah digunakan dalam berbagai memiliki animator-animator handal, ironisnya karya mereka justru diekspor ke negara lain seperti yang dilakukan oleh Castle Animation di Jakarta. Permasalahannya adalah karena investor di Indonesia sendiri belum melihat animasi sebagai sektor yang menguntungkan.Memperhatikan film-film animasi layar lebar yang beredar, hampir semuanya menggunakan satu teknik saja yaitu umumnya adalah animasi 3-D seperti yang biasa dilakukan Pixar studio, stop motion yang biasa dilakukan oleh Aardman, atau 2-D yang biasa dilakukan oleh Disney.Untuk dapat mempergunakan media film ada dua masalah pokok yang harus dihadapi, yaitu masalah teknis film clan masalah teknik mengemukakan sesuatu denga film atau biasa disebut teknik presentasi. Demikian juga dengan hal yang harus diketahui dalam film animasi yaitu masalah teknik dan masalah teknik mengomunikasikan sesuatu dengan teknik animasi . sering perkataan teknik berkomunikasi lebih akrab dikatakan seni berkomunikasi .
Contoh animasi:
Cara membuat
gambar animasi
1. Persiapkan sebuah gambar pada netbook/computer
anda yang akan dijadikan gambar animasi. Dalam hal ini, anda bisa memakai
gambar dengan pola lingkaran seperti pada gambar yang saya pakai, atau gambar
persegi empat (terserah anda).
2. Crop/potong gambar tersebut menjadi 4 bagian
seperti pada gambar dibawah.
Gbr.2
Untuk
meng-crop/memotong gambar tersebut, anda bisa memanfaatkan Microsoft Office
Picture Manager, software bawaan netbook/computer anda. Atau anda juga bisa
menggunakan software lain yang biasa anda gunakan untuk mengedit photo
3. Setelah langkah no.2 selesai anda lakukan,
selanjutnya buka aplikasi Macromedia Flash anda. Pada halaman yang muncul, klik
Flash Document pada bagian Create
New.
Cara Membuat Gambar Animasi dengan Berbagai
Macam Gerak
Silahkan
ikuti langkah-langkah dibawah :
1. Persiapkan sebuah gambar pada netbook/computer
anda yang akan dijadikan gambar animasi. Dalam hal ini, anda bisa memakai
gambar dengan pola lingkaran seperti pada gambar yang saya pakai, atau gambar
persegi empat (terserah anda).
Gbr.1
2. Crop/potong gambar tersebut menjadi 4 bagian
seperti pada gambar dibawah.
Gbr.2
Untuk
meng-crop/memotong gambar tersebut, anda bisa memanfaatkan Microsoft Office Picture Manager,
software bawaan netbook/computer anda. Atau anda juga bisa menggunakan software
lain yang biasa anda gunakan untuk mengedit photo.
3. Setelah langkah no.2 selesai anda lakukan,
selanjutnya buka aplikasi Macromedia Flash anda. Pada halaman yang muncul, klik
Flash Document pada bagian Create
New.
Gbr.3
4. Setelah muncul halaman baru, selanjutnya tekan
Ctrl+F3 pada keyboard
netbook/computer anda, sehingga muncul halaman seperti gambar dibawah.
Selanjutnya klik kolom ukuran default.
Gbr.4
Pada
halaman Document Properties seperti gambar no.4 diatas, ganti ukuran
default sesuai dengan ukuran gambar yang telah anda persiapkan pada langkah
no.1 diatas.(contoh 130×130 px). Selanjutnya klik OK.
Tekan
Ctrl+F3 lagi untuk kembali
kehalaman semula.
5. Tambahkan 3 Layer baru dengan mengklik tanda
yang terletak disudut kiri bawah halaman Layer, sehingga jumlah Layer menjadi
4.
Gbr.5
6. Selanjutnya, klik kanan pada Layer 1 dan pada Layer
Properties ganti nama Layer 1 menjadi potongan 1.
Gbr.6
Lakukan
hal yang sama terhadap 3 Layer lainnya.
7. Setelah langkah no.6 diatas selesai anda
lakukan, selanjutnya klik pada Layer potongan 1, kemudian masukkan
gambar potongan 1 yang telah anda persiapkan pada langkah no.2 diatas. Caranya
klik Menu File–>Import–>Import to
Stage.. atau tekan Ctrl+R pada
keyboard anda. Geser/letakkan gambar tersebut seperti pada gambar dibawah.
Gbr.7
Selanjutnya,
klik pada Layer potongan 2, kemudian masukkan gambar potongan 2.
Lakukan
langkah seperti diatas terhadap Layer potongan 3 dan 4 dengan letak
gambar masing-masing potongan seperti pada gambar dibawah.
Gbr.8
8. Langkah berikutnya, klik dibawah angka Frame
20 pada Layer potongan 1 kemudian tekan F6 pada keyboard anda. Selanjutnya klik kanan dibawah angka frame 10
kemudian pilih Create Motion Tween.
Klik
dibawah angka Frame 20 lagi, kemudian geser gambar potongan 1
keatas media. (Untuk penggeseran sempurna, tekan tombol arah panan à sambil menekan tombol huruf V pada keyboard)
Gbr.9
9. Lakukan hal yang sama seperti langkah diatas
terhadap ke-3 Layer lainnya yaitu Layer potongan 2 pada angka Frame
40
Layer
potongan 3 pada angka Frame 60
Layer
potongan 4 pada angka Frame 80
Sehingga
hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah.
Gbr.10
10. Langkah selanjutnya, klik dibawah angka
frame 1 pada Layer potongan 2, kemudian tarik/geser garis
tersebut dan letakkan sejajar dengan angka frame 20 Layer potongan 1.
Gbr.11
Lakukan
hal yang sama terhadap Layer potongan 3 dan 4. (Perhatikan gambar
12 dibawah).
Gbr.12
11. Selanjutnya
klik dibawah angka frame
85
pada Layer potongan 4, kemudian
tekan F6 pada keyboard.
Lakukan
hal yang sama terhadap Layer potongan 3, 2, dan 1.
Tekan Ctrl+ENTER
untuk melihat hasilnya. Untuk
membuat Gambar Animasi bergerak yang lainnya, silahkan gunakan imajinasi anda dengan
memperhatikan animasi-animasi pada blog atau pada situs animasi yang telah anda
kunjungi.
12. Untuk menyimpan gambar animasi tersebut,
silahkan klik
File–>Export–>Export Movie
Simpan
dengan type
Animated GIF(*.gif) atau Flash
Movie(*.swf).
SELAMAT
BERIMAJINASI.
Sejarah Animasi Di
Indonesia
Dalam hal animasi Indonesia juga sangat berkembang, dari jaman pewayangan hingga jaman 3D sekarang ini. Sejarah Animasi Indonesia mulai diketahui sejak ditemukannya Cave Pinting yang bercerita mengenai binatang buruan atau hal-hal yang berbau mistis. Wayang yang merupakan cikal bakal lahirnya animasi Indonesia.
Sejak tahun 1933 di Indonesia banyak koran lokal yang memut iklan Walt Disney. kemudian Pada Tahun 1955 Presiden Soekarno yang sangat menghargai seni mengirim seorang seniman bernama Dukut Hendronoto (pak Ook) untuk belajar animasi di studio Walt Disney, setelah tiga bulan ia kembali ke Indonesia dan membuat film animasi pertama bernama Si Doel Memilih animasi ini awalnya di buat untuk tujuan kampanye politik. Lalu pada tahun 1963 Ook hijrah ke TVRI dan mengembangkan animasi di sana dalam salah satu program namun kemudian program itu dilarang karena dianggap terlalu konsumtif.
ERA70-an
Pada tahun 70-an terdapat studio animasi di Jakarta bernama Anima Indah yang didirikan oleh seorang warga Amerika. Anima Indah termasuk yang mempelopori animasi di Indonesia karena menyekolahkan krunya di Inggris, Jepang,Amerika dan lain-lain. Anima berkembang dengan baik namun hanya berkembang di bidang periklanan. Di tahun 70-an banyak film yang menggunakan kamera seluloid 8mm, maraknya penggunaan kamera untuk membuat film tersebut, akhirnya menjadi penggagas adanya festival film. di festival film itu juga ada beberapa film animasi Batu Setahun, Trondolo, Timun Mas yang disutradarai Suryadi alias Pak Raden (animatorIndonesiaPertama).
Pada tahun 70-an terdapat studio animasi di Jakarta bernama Anima Indah yang didirikan oleh seorang warga Amerika. Anima Indah termasuk yang mempelopori animasi di Indonesia karena menyekolahkan krunya di Inggris, Jepang,Amerika dan lain-lain. Anima berkembang dengan baik namun hanya berkembang di bidang periklanan. Di tahun 70-an banyak film yang menggunakan kamera seluloid 8mm, maraknya penggunaan kamera untuk membuat film tersebut, akhirnya menjadi penggagas adanya festival film. di festival film itu juga ada beberapa film animasi Batu Setahun, Trondolo, Timun Mas yang disutradarai Suryadi alias Pak Raden (animatorIndonesiaPertama).
Era80-an
Tahun Yang ditandai
sebagai tahun maraknya animasi Indonesia Ada film animasi rimba si anak angkasa
yang disutradarai Wagiono Sunarto dan dibuat atas kolaborasiualangan si Huma
yang diproduksi oleh PPFN dan merupakan animasi untuk serial TV. beberapa
animator lokal. ada juga film animasi PetEra tahun 1980-1990-an ditandai dengan
lahirnya beberapa studio animasi seperti Asiana Wang Animation bekerjasama
dengan Wang Fim Animation, Evergreen,Marsa Juwita Indah, Red Rocket Animation
Studio di Bandung, Bening Studio di Yogyakarta dan Tegal Kartun di Tegal
.......
daftar pustakanya apa?
BalasHapus